Fete des Meres – Hari Ibu di Prancis

Fete des Meres - Hari Ibu di Prancis

Tanggal 7 Juni 2020 adalah Hari Ibu di Prancis (fĂȘte des meres). Sejarah mencatat, Hari Ibu di Eropa bermula di era kejayaan Yunani kuno. Tepatnya, hari ini dirayakan untuk menghormati Rhea, ibu Dewa Zeus, sang penguasa semesta dalam mitologi Yunani.

Lalu, keberhasilan Revolusi Industri di Prancis memberi wadah baru bagi dunia komersial untuk meraup keuntungan dengan merayakan segala macam pesta. Lahirlah Hari Ibu, Hari ayah, Hari Anak, Hari Oma, Hari Kasih Sayang, dan hari-hari lain yang lebih banyak diasosiasikan dengan unsur emosi dan perasaan.

Begitulah agenda hebat marketing dalam menghegemoni (mendominasi dan memaksa secara halus) kita setiap tahun.

Terlepas dari cerita di atas, menurut hematku, setiap kejadian hanyalah cara kita mengakui bahwa kehidupan tak pernah berjalan mundur. Bahwa sebelum sampai di batas titian, melalui emosi yang kita ciptakan, kita berharap figur kita tertinggal di hati orang-orang yang kita sayang.

Apapun sebutannya, nikmati momen menjadi ibu dengan sebaik-baiknya, tanpa mengesampingkan andil ayah. Karena, diakui atau tidak, tanpa kerjasama kedua belah pihak secara kondusif, umat manusia tak akan begini ramai menghuni bumi.

Bonne fete de mere, a toutes mes amies. Semoga kita, para ibu, tetap diberi kesempatan merayakannya kembali, ketika tahun berganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *